Wajib di tonton LIE TO ME* (Bagi penggemar serial tv berbobot)


lie_to_me_0lie to me 1

LIE TO ME,

serial tv amerika yang tayang pada tahun 2009 – 2011 di saluran FOX. Memiliki 3 season, dan total 48 episode. 13 episode di season pertama, 22 di season kedua, 13 episode di season ketiga. Serial ini terinspirasi dari ahli psikologi, Paul Ekman, Ph.D. Tayang di saluran FOX dan B Channel Indonesia sekitar tahun 2012 – 2013, dan untuk season ke 3-nya ditayangkan tahun 2014 (tak terjadwal).

opening lie to me

Serial ini menceritakan Cal Lightman (Tim Roth) dan Gillian Foster (Kelli Williams), pendiri Lightman Group, firma yang menerima pekerjaan dari individu, perusahaan swasta, biro pemerintahan hingga penegak hukum. Mereka bekerja sama mengungkap kebenaran dari ekspresi mikro wajah manusia. Dalam cerita, mereka memiliki tim yang terdiri dari Eli Loker (Brendan Hines) dan Ria Torres (Monica Raymund).

Lightman-Group

Cal Lightman merupakan ahli psikologi yang mengembangkan pengetahuan membaca ekspresi wajah manusia. Perlu waktu 20 tahun untuk Cal menjadi salah satu pembaca ekspresi mikro yang berpengalaman. Bersama partnernya Gillian Foster (ahli psikolog yang pernah bekerja di Pentagon), mereka mendirikan firma Lightman Group untuk membantu mengungkapkan kebenaran sebuah kasus dan menangkap tersangka yang sebenarnya.

Cal Lightman & Gillian Foster

Cal Lightman & Gillian Foster

Karakter lain yang ada dalam serial ini adalah Eli Loker, karyawan yang handal mengoperasikan komputer dan mengembangkan penelitian dalam hal yang berhubungan dengan ekspresi mikro. Ia juga kerap mempraktekkan “Radical Honesty” dalam perkataannya. Serta ada juga Ria Torres, berbeda dengan Eli yang butuh waktu untuk belajar dan menerapkan ilmu Cal Lightman, Ria memiliki bakat atau disebut juga “Natural” untuk menjadi ahli pendeteksi ekspresi mikro handal. Saat ditanya Cal ia dapat pelatihan khusus atau training Ria menjawab karena ia telah mengencani banyak pria sebelumnya.

Eli Loker and Ria Torres

Eli Loker and Ria Torres

***

SEASON 1

Di season yang pertama, serial ini lebih menunjukkan tentang bagaimana membaca ekspresi mikro pada setiap orang. Senang, sedih, takut, terkejut, marah, dan lainnya. Untuk jenis kasus, di season pertama ini ada bermacam-macam kasus yang dikerjakan Lightman Group. Mulai dari kasus penculikan, konspirasi, perselingkuhan, kebakaran, dll.

lie-to-me-scene

season 1

Dalam 13 episode, juga mengungkap sisi lain dari masing-masing karakter utama, Cal Lightman sebagai seorang ayah dari Emily Lightman (Hayley McFarland) dan pernikahan Gillian Foster bersama Alec yang menuju perpisahan. Ada juga beberapa karakter lain yang sering hadir menghiasi, Alec Foster (suami Gillian), Zoe Landau (mantan istri Cal Lightman), Agen Secret Service Carl Dupree (kekasih Ria Torres), Agen FBI Ben Reynolds (karakter baru yang tampil di season 2).

Agen Ben Reynolds (Mekhi Phifer) di rekrut oleh Cal Lightman di episode ke – 13 Lie To Me season 1. Karena inilah, di season kedua kasus yang muncul kebanyakan beberapa kasus dari FBI yang bekerja sama dengan Lightman Group.

Agent Ben Reynolds

Agent Ben Reynolds

***

SEASON 2

Lie to me season 2

Lie to me season 2

Ada beberapa fakta dan karakter baru yang ditampilkan di season ini. Diantaranya, Gillian Foster telah bercerai dengan suaminya Alec, karakter Carl Dupree yang tidak dimunculkan lagi di kehidupan Ria Torres (malah ada di beberapa episode menampilkan kedekatan Ria Torres bersama Eli Loker), karakter Anna dari Lightman Group yang sering muncul daripada sebelumnya, Clara Russo yang sempat menjadi penyumbang dana terbesar untuk Lightman Group, Detektif Wallowski dan detektif Farr (Detektif Wallowski menjadi partner Cal di season ketiga Lie To Me), Dave Burns yang menjadi kekasih sementara untuk Gillian Foster.

Season kedua lebih serius dan menantang dari segi ceritanya. Dalam kasus maupun dalam perusahaan Lightman group. Namun disini lebih menunjukkan cerita kasus Lightman Group daripada pengetahuan psikologi seperti pada season pertama. Ceritanya beragam namun  lebih didominasi cerita masa lalu karakter utama dan karakter baru yang akan ikut andil di season ketiga Lie To Me. Juga diceritakan Cal menaruh perasaan terhadap partner kerjanya, Gillian.

Cal and Emily Lightman in season 2

Cal and Emily Lightman in season 2

Di season ini juga menjadi akhir dari agen Ben Reynolds bersama Lightman Group, dan awal dari Detektif Wallowski melindungi Cal Lightman dalam setiap aksinya di season yang ketiga. Keuangan Lightman Group di season ini juga diceritakan dalam keadaan yang memburuk setelah Cal membeli kesepakatan kepada Zoe (mantan istrinya) untuk bekerja untuk Lightman Group. Cal terpaksa melakukan hal tersebut karena tidak ingin Emily ikut pindah bersama ibunya ke Chicago.

***

SEASON 3

                Season ketiga merupakan season akhir dalam serial Lie To Me, season ini di produseri oleh Tim Roth yang sebelumnya hanya memerankan karakter Cal Lightman. Kebanyakan kasusnya merupakan permintaan langsung dari karakter pendukung, namun disinilah letak keseruan season ketiga. Semakin banyak karakter yang di sorot sehingga tidak memberi kesan membosankan.

lie to me episode "Killer App"

lie to me episode “Killer App”

                Dominasi kasus dari FBI juga menemui akhir, setelah agen Ben Reynolds tertembak di season kedua, pimpinan FBI Asac Dillon tidak begitu mempercayai kinerja dan reputasi Cal Lightman dan Lightman Group. Posisi aparat hukum yang biasanya di pegang Agen Ben Reynolds digantikan sementara oleh Detektif Wallowski dari kepolisian.

                Wallowski juga tidak begitu mudahnya mendapat kepercayaan penuh dalam season ketiga ini, seperti agen Ben Reynolds, ia juga memiliki masa lalu yang lumayan merepotkan Lightman Group. Banyak kejutan yang hadir di season ketiga, seperti saat Cal Lightman menjadi tidak waras dan bertemu dengan mendiang ibu dan ayahnya.

                 Hampir secara keseluruhan tidak ada yang baru dalam segi kasusnya, hampir sama seperti season pertama dan kedua. Namun plotnya dibuat sedemikian rapi dan seru, tidak luput juga tentang cerita dari masing-masing karakter. Di akhir episode terakhir, Cal mengatakan kepada Emily bahwa ia sebenarnya sungguh mencintai Gillian Foster, namun tidak diceritakan bagaimana akhir hubungan mereka.

                ——————————————————————————————————————–

lie to me wallpaper

                Diantara banyaknya serial tv amerika yang bergenre Crime Drama, seperti CSI : New York, Hawaii Five-o, Blue Blood, dsb, aku lebih menaruh minat pada serial Lie To Me*. Selain ceritanya yang kompleks dan tidak melulu kasus yang berdarah-darah, ada ilmu lain yang di berikan disini yaitu ilmu psikologi ekspresi mikro.

                Rekomendasi sekali untuk pecinta serial tv amerika khususnya yang bergenre Crime Drama.

6 pemikiran pada “Wajib di tonton LIE TO ME* (Bagi penggemar serial tv berbobot)

  1. setuju banget..
    saya dulu sempat nonton d B-Channel tapi tdk lengkap krna hanya bbrapa epsode saja yang smpat saya nton…
    nyari2 d google link untuk download serial lie to me amerika ini gak dapat…malahan yang muncul lie to me dramanya korea… huuuuuhhh…
    pengen banget bisa nton seri lengkapnya lie to me amerika ini

  2. Sebenernya ada beberapa karakter yang ngilang gitu aja ga di jelasin ke mana. Contohnya wanita Kaya Raya yang muncul pada kasus yang menyangkut adiknya Tores (lupa namanya), sempet punya hubungan dngan Cal tapi kemudin hilang gitu aja. Di tambah akhir episode di season 3 makin bikin penasaran. Sampe2 Aku pikir bakal ada sseason 4. Yang bikin Aku mikir gini, 1 . Dialog terakhir Cal dam Emily tentang Gillian. 2. Apa laki2 yang di bawa Tores (Yg membantu mencari ttg William) jadi karyawan tetap di Lightman group apa engga. 3. Karier si Loker kedepannya, soalnya sempet di singgung2 Naik jabatan gtu kan? Semua mengarah seakan2 akan ada cerita berikutnya..

    Hiks, sedih kenapa harus tamat di season 3.

    • oh iya karakter wanita kaya itu (aku lupa namanya) dia sempat membantu Cal untuk memibayai Lightman Group yang sempet mau bangkrut karena Cal membantu temannya untuk melunasi hutangnya. Tapi karena teman kaya rayanya itu ada kasus juga dengan gubernur dan istrinya (di episode keberapa juga lupa) akhirnya Cal memutuskan kerja sama dengan wanita tsb (untuk menyelamatkan reputasi dan kepercayaan beberapa lembaga hukum yang bekerja sama dengan Lightman Group).

      mungkin emang sengaja dibikin seperti itu (ada teka tekinya) agar ratingnya Lie To Me naik di Fox Channel. Tapi ternyata gak begitu memuaskan ratingnya akhirnya di stop..
      Maaf baru balas ya 🙂

  3. setuju, maka dari itu saya sangat penasaran sama setiap episodenya.
    anyway, do u have the complete episode? because i only have 8 episodes… and i am so corious to see it till end

Tinggalkan komentar